Festival Jenang Nusantara 2017

Festival Jenang kembali digelar di Kawasan Ngarsopuro Kota Solo pada hari Jumat 17 Februari 2017. Festival kuliner khusus jenang tersebut merupakan sebuah rangkaian dari puncak Hari Ulang Tahun Kota Surakarta yang ke-272 tahun.

Terdapat puluhan menu masakan jenang yang disajikan di Ngarsopuro dari berbagai kelompok masyarakat yang berpartisipasi dalam Festival Jenang 2017. Festival ini merupakan sebuah wujud rasa syukur untuk hari jadi Kota Solo yang merupakan salah satu Ikon Kota Budaya yang berada di jawa Tengah.

Masyarakat sangat antusias dengan adanya Festival Jenang, hal tersebut tampak dengan padatnya kawasan Ngarsopuro yang dipadati oleh masyarakat sejak pagi hari. Ribuan masyarakat menikmati belasan ribu takir jenang yang sudah disediakan oleh panitia penyelenggara. Bukan hanya jenang dari Kota Solo saja, namun penyelenggara juga menghadirkan berbagai macam menu jenang dari berbagai daerah di Indonesia.

Jenang merupakan salah satu jenis kuliner yang bisa dikatakan sangat dekat dengan budaya Jawa, banyak dari acara-acara tradisi di masyarakat Jawa selalu menghadirkan menu jenang. Jenang dangan berbagai macam menunya dihadirkan sebagai ungkapan rasa syukur.

Festival Jenang adalah event yang diadakan oleh Yayasan Jenang Indonesia, selain sebagai sarana untuk melestarikan makanan tradisi dan rangkaian Hari Ulang Tahun Kota Surakarta, Festival Jenang juga merupakan salah satu event pendukung Solo Great Sale.